May 8, 2018

Hal-hal Yang Bisa Membatalkan Puasa | Kajian Islam


Apa Saja Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa?

Jika Anda masih ingat pengalaman puasa di masa kecil, kalimat ini mungkin masih terdengar akrab bagi Anda, “jangan nangis, nanti puasanya batal, lho!”. Tidak hanya mendengarnya, Anda mungkin juga pernah mengucapkannya kepada teman atau adik. Tapi, apakah hal tersebut benar-benar dapat membatalkan puasa? Hal-hal yang membatalkan puasa terkadang meamng masih jadi perdebatan atau menyisakan tanda tanya. Mulai dari soal menangis, marah, menelan ludah atau dahak, hingga mencicipi makanan. Daripada Anda ikut bertanya-tanya, berikut penjelasan mengenai hal-hal yang bisa membatalkan puasa.


 Apakah menangis membatalkan puasa?
Kecuali Anda sengaja menangis dan menelan air matanya, menangis tidak membatalkan puasa, 


Apakah merokok membatalkan puasa?
Merokok membatalkan puasa karena memasukkan suatu benda ke dalam salah satu lubang dalam tubuh hingga lambung dengan sengaja dan menimbulkan kenikmatan.


Apakah muntah membatalkan puasa?
Jika seseorang muntah dengan sengaja maka batalah puasanya. Tapi jika tidak, maka tidak batal.

Apakah mencicipi masakan membatalkan puasa?
Diperbolehkan bagi orang yang berpuasa untuk mencicipi makanan jika dibutuhkan. Caranya dengan meletakkan diujung lidah, dirasakan, lalu dikeluarkan/diludahkan, dan tidak ditelan sedikitpun.


Jika sekarang Anda sudah tidak bertanya-tanya tentang hal-hal yang membatalkan puasa. Jadi, apa saja hal-hal yang membatalkan puasa? Setidaknya ada 7 hal yang dapat membatalkan puasa, yaitu


1. Makan dan minum secara berkesinambungan dengan segaja
2.Berhubungan seksual
3. Keluar air mani dengan sengaja karena bersentuhan
4. Perempuan yang mengalami haid atau nifas
5. Muntah karena disengaja
6. Gila atau hilang akal
7. Keluar dari Islam

No comments:

Post a Comment